Minggu, 08 Oktober 2017

Praktek Pengilkom Perdana

 Haaalllooooo kawannn... kaalian pasti para pencari info-info tentang STAN dan seperti biasa aku setiaap minggu akan mengepostkan kehidupanku yang ku anggap menarik di setiap minggunya... meskipun banyak yang menarik tapi aku pilih yang paaling menarik aja ya.. bagiku.. yaudah langsung aja ke cerita ya gaesss..
Minggu ini ada hal yang menarik dari pelajaran Pengilkom(Pengantar Ilmu Komputer) minggu ini kita praktek tentang tata cara OS (Operating Sistem) Hal yang sangat Menarik disini adalah aku baru mngetahui ternyata dalam membuat folder dari sebuah dokumen,mengkopi isi dari sebuah file dokumen tidak mesti harus menggunakan mouse. Mungkin karena aku jarang baahkan tidak pernah melakukan operating sistem,dan aku saangat tertarik mempelajarinya.. karena hal tersebut sangat membantu dikala mouse dari laptop/ PC kita ketika nge-lag. Dan aku baru tau cara screenshoot dari aplikasi yang penting saja.. dan menururutku itu sangat kereennn..
ya.Hardware dapat digolongkan sesuai dengan fungsinya menjadi 4 macam golongan:
1. Input Device (perangkat keras masukan), berfungsi sebagai masukandata pengguna untuk diolah oleh komputer misalnya: keyboard (masukan data berupa angka/text/karakter), mouse (masukan data berupa arah/pointer), microphone (masukan data berupa suara), camera (masukan data berupa gambar), scanner dsb.
2. Processing Device (Perangkat keras pemrosesan), berfungsi untuk mengolah atau memproses data yang diinputkan agar dapat disajikan/dioutputkan ke pengguna. Contoh: processor, RAM/main memory, VGA card, sound card, network interface card/LAN card dsb.
3. Output Device (Perangkat keras keluaran), berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan komputer bagi pengguna, misalnya: monitor & proyektor (keluaran berupa gambar), speaker & earphone (keluaran berupa suara), printer & plotter (keluaran berupa hasil cetakan pada kertas) dsb.
4. Storage Device (Perangkat keras penyimpanan), berfungsi untuk menyimpan hasil pengolahan komputer. Contoh: harddisk, flashdisk, disket, CD/DVD/Blueray disk dsb.
 .
Sistem operasi yang baik adalah yang mampu memberikan keadaan aman dan tetap konsisten pada saat hardware dan software aplikasi berkomunikasi, juga tetap memberikan antar muka yang mudah, nyaman dan menarik bagi pengguna. Berikut ini adalah 8 fungsi sistem operasi :
1. Resource Manager : Mengalokasikan sumber daya, maksud sumber daya disini adalah hardware seperti memori, CPU, Printer, disk drive dan perangkat lainnya.
2. Coordinator : menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
3. Interface: sebagai perantara antara pengguna (user) dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat atau mudah digunakan (User Friendly). Pengguna tidak akan dikhawatirkan dan dirumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah.
4. Guardian: menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan/penulisan/eksekusi data dan program.
5. Gatekeeper: mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem.
6. Optimizer: menjadwal pemasukan (input) oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.
7. Accountant: mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.
8. Server: untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file.
Dapat disimpulkan, bahwa Sistem operasi merupakan komponen penting dari setiap sistem komputer



Sekian ceriaku untuk hari ini... jngan bosan bosan mengunjungi blok ku dan aku akan mencoba membahas pelajaran seprti rumus2 di PKN STAN.. dampai jumpaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar